Kegunaan Kayu Anggun Bagi Kesehatan



Sebagai masyarakat yang tinggal di Asia Tenggara terutama Indonesia, tentunya kita sudah tidak absurd lagi dengan kayu manis. Kayu manis mempunyai nama Latin cinnamomum ini, diperoleh dengan cara mengelupaskan kulit batang serta ranting dari tanaman yang termasuk ke dalam jenis cinnamomum yang dipakai sebagai pemanis alami hingga menambah cita rasa makanan.
Kayu manis yang ada di Indonesia yaitu jenis cinnamomum zeylanicum yang berasal dari Srilanka (Ceylon) dan datang pertama kali di Pulau Jawa pada tahun 1825.

Tumbuhan kayu manis juga menyebar ke hampir seluruh wilayah di Indonesia. Contohnya di Sumatra Barat dan wilayah barat Jambi, tepatnya di Kerinci yang menjadi pusat produksi kayu manis lebih mengenal jenis cinnamomum burmannii.  Jenis inilah yang kemudian dianggap sebagai kayu manis khas Indonesia. Tumbuh di kawasan tropis dan beriklim lembap Asia Tenggara khususnya di Indonesia.

Baik jenis cinnamomum zeylanicum maupun cinnamomum burmannii memiliki perbedaannya masing-masing. Kayu manis jenis cinnamomum zeylanicum satu spesies dengan cinnamomum verum dan merupakan ‘true cinnamon/kayu manis asli’. Sedangkan untuk jenis burmannii termasuk ke dalam kasiavera (cassia) yang mempunyai rasa jauh lebih berpengaruh dari cinnamon sendiri. Kedua jenis tersebut yaitu  paling banyak dijual di pasaran.

Kayu manis Ceylon memakai kulit bab dalam yang lebih tipis sehingga kurang padat dan mempunyai aroma yang lebih lembut ketimbang kasiavera. Kasiavera berwarna merah kecoklatan, bertekstur keras menyerupai kayu namun ringan serta memakai seluruh lapisan kulitnya.

Kayu manis telah dipakai semenjak peradaban Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang kemudian dan tercatat sebagai bumbu kuliner tertua di dunia. Penggunaan kayu manis tidak hanya di Asia Tenggara saja melainkan sudah merambah hampir ke seluruh belahan dunia. Penyebarannya telah dilakukan semenjak masa kolonial oleh bangsa-bangsa Eropa dengan melaksanakan monopoli kayu manis dari kawasan jajahan di Asia Selatan dan Tenggara. Hal itulah yang menimbulkan kayu manis paling sering dikonsumsi di negara barat dan Eropa menyerupai Inggris dan Amerika hingga ketika ini.         

Sebagai Tambahan Makanan

Berdasarkan penelitian, kayu manis mengandung sinamaldehida (minyak esensial yang berasal dari kulit kayunya) yang bereaksi dengan oksigen yang menjadi asal dari aroma dan rasanya yang tajam dan khas.

Kayu manis telah dipercaya selama berabad-abad oleh insan sebagai materi tambahan alami pada kuliner dan minuman yang mereka konsumsi. Contohnya saja, di wilayah Amerika Tengah tepatnya di negara Mexico sekaligus sebagai importir utama, kayu manis ditambahkan dalam pembuatan cokelat. Kayu manis juga terdapat pada resep kuliner epilog menyerupai pai apel, donat dan roti serta untuk materi tambahan pada lilin, kopi, teh dan minuman cokelat panas.

                                     Sumber:image.britcdn.com/Cinnamon.jpg

                                                      
Di negara Timur Tengah saja, kayu manis menjadi sajian tambahan hidangan dari ayam dan daging domba. Di negara Amerika Serikat, kayu manis dicampur dengan gula sebagai materi utama dalam pembuatan sereal serta hidangan roti panggang dan buah-buahan terutama apel.

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, setiap kuliner dari Sabang hingga Merauke niscaya memakai kayu manis untuk mengharumkan masakan. Terutama kuliner berkuah menyerupai semur (ayam maupun daging), rawon, kari, gulai, sop (buntut, iga) dan masih banyak lagi kuliner tradisional indonesia lainnya yang menggunakannya.

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Selain dipakai sebagai penambah aroma dan rasa pada kuliner dan minuman,  ternyata kayu manis juga mempunyai beberapa manfaat lain yang mungkin gres sebagian saja yang mengetahuinya. Kayu manis juga mempunyai kemampuan dalam menjaga kesehatan kita serta ampuh untuk meringankan beberapa tanda-tanda penyakit.

Sangat gampang untuk mendapat manfaat kesehatan dari kayu manis, yaitu hanya tinggal merebus saja kayu manis dalam air mendidih dan diminum menyerupai kita meminum air putih.

Di bawah ini yaitu beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan yang sebagian di antaranya merupakan pengalaman yang saya alami sendiri.

1.  Menyerap Bau dan Polusi Udara
     Polusi udara menjadi salah satu hambatan dalam mendapat udara yang bersih, ditambah lagi bau-bau yang tidak yummy disekitar kita. Jika hal tersebut dibiarkan terus-menerus maka akan menawarkan dampak jelek pada kesehatan kita. Beberapa batang kayu manis sanggup menjadi solusi bagi problem tersebut, tinggal diletakkan di dalam vas bunga dan dipajang di ruang tamu atau di area berkumpul. Agar lebih efektif sanggup juga kita letakkan tanaman hidup di dalam rumah. 

2.  Membersihkan Toksin Dalam Tubuh
     Tidak hanya lingkungan tempat tinggal kita saja yang harus steril dari polusi, tubuh kita sendiri juga harus secara rutin dibersihkan dari banyak sekali macam toksin yang tidak berguna. Air rebusan kayu manis sanggup membantu pengeluaran toksin tersebut yaitu dengan diminum beberapa kali dalam seminggu. Konsumsi air putih secara rutin haruslah menjadi prioritas utama, air kayu manis hanya membantu mempercepat saja.
    
3.  Menghilangkan Bau Mulut dan Obat Kumur
     Sakit gigi merupakan keluhan yang sering muncul apabila kita kurang menjaga kebersihan rongga mulut. Otomatis, acara sehari-hari kita akan terganggu oleh rasa ngilu di gigi akhir basil di verbal kita. Air kayu manis yang hangat-hangat kuku juga sanggup menghilangkan rasa ngilu di gusi serta membantu mengusir keluar kuman-kuman yang terlanjur masuk ke dalam gigi yang berlubang.
    
Air kayu manis tersebut juga sanggup menjadi pengganti bagi yang khawatir dengan penggunaan mouthwash secara berlebihan. Walaupun sudah ada air kayu manis, kita tetap dilarang lupa menjaga kesehatan gigi, terutama menyikat gigi malam hari sebelum tidur.

4.  Mencegah Kolesterol
     Makanan yang berlemak dan bersantan memang selalu menjadi godaan alasannya yaitu rasanya yang nikmat serta penampilannya yang selalu menggugah selera. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, tentu saja konsekuensi yang ditanggung akan berat pula. Untuk mencegah terjadinya kolesterol sesudah memakan kuliner yang telah disebutkan diatas, meminum air kayu manis dipercaya sanggup mencegah, menetralkan hingga menurunkan tingkat kolesterol berlebih. Anggap saja meminum air kayu manis tersebut menyerupai kita meminum air putih sesudah makan.

5.  Melancarkan Pencernaan dan Obat Diare

     Kayu manis juga bermanfaat bagi yang mengalami kesulitan BAB, yaitu dengan meminum teh yang sudah dicampur dengan air rebusan kayu manis. Setelah beberapa jam kemudian, jangan terkejut jikalau Anda merasa sakit perut, segeralah ke toilet maka Anda akan mencicipi sendiri manfaatnya. Di samping itu, air kayu manis sanggup dijadikan obat untuk diare alasannya yaitu selain fungsinya melancarkan pencernaan, kayu manis juga sanggup memampatkan sehingga sanggup menurunkan intensitas BAB yang hiperbola disaat diare.

Demikianlah klarifikasi singkat mengenai kayu manis serta banyak sekali macam keuntungannya mulai dari sekedar meningkatkan cita rasa pada kuliner dan minuman hingga menawarkan bantuan bagi kesehatan kita. Semoga sanggup menawarkan pengetahuan bagi Anda semua yang membacanya.

Sumber Bacaan
badanbahasa.kemdikbud.go.id/glosarium
http://en.wikipedia.org/wiki/Cinnamomum_burmannii
Sumber foto : https://en.wikipedia.org/wiki/Cinnamon 

Sumber https://borneosembilandua.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Tips Berguru Bahasa Inggris Mudah

Puisi-Puisi Ungkapan Isi Hati