Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan






Dewasa ini, sudah mulai banyak orang yang menyadari akan kebutuhan mineral bagi tubuhnya terutama lewat konsumsi air putih. Dengan meningkatnya aktifitas fisik menyerupai berolahraga tentu menguras energi dan mengeluarkan banyak cairan badan melalui keringat.
Namun, sangat disayangkan lantaran masih banyak juga orang-orang yang masih belum sadar akan kebutuhan tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut perlu ditekankan kembali akan pentingnya mengkonsumsi air putih bagi kesehatan. Dengan konsumsi air putih secara rutin, tentu banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh badan kita. Tentunya, badan kita terasa segar dan bugar serta kesehatan kita akan tetap terjaga sehingga tidak mengganggu aktifitas sehari-hari kita.
Yang menjadi penyebab kurangnya kesadaran pada pentingnya konsumsi air putih yaitu kecenderungan seseorang untuk selalu memuaskan impian tubuhnya akan minuman yang mengandung gula. Memang impian konsumsi minuman yang mengandung gula itu sulit untuk ditahan terlebih lagi dengan maraknya iklan-iklan minuman dengan visualisasi yang begitu menggugah selera. Jika tidak dimbangi dengan konsumsi air putih secara rutin maka zat gula yang berlebih pada badan akan menjadikan penyakit menyerupai kegemukan (obesitas) dan yang lebih parah lagi akan menjadikan penyakit diabetes. Penyakit diabetes  disebabkan oleh berkurangya produksi insulin, yaitu zat yang dihasilkan oleh pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga sanggup menjadi energi. Untuk mengatasi hal tersebut, diharapkan pasokan air putih secara rutin lantaran air putih mengandung banyak mineral penting dan mineral itu tidak sanggup diproduksi oleh tubuh.
   Selain sanggup mengobati dan mencegah penyakit diabetes, mineral-mineral yang terkandung di dalam air putih juga mempunyai manfaat lain yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan. Dr. Spesialis Gizi, Sri Sukmaniah menyampaikan bahwa air putih mengandung enam mineral alamiah yang menciptakan air putih wajib dijadikan asupan bagi tubuh. Keenam mineral dan keuntungannya bagi badan kita, antara lain:
1.  Flourida (flouride), untuk menjaga gigi dari karies atau pembusukan dan menjaga ketahanan tulang dan gigi. Karies tersebut timbul lantaran sisa masakan yang melekat pada sela-sela gigi dan cara membersihkannya dengan sering berkumur dengan air putih;
2.  Natrium membantu menjaga keseimbangan cairan badan dan tidak mengherankan mineral jenis ini sanggup ditemukan dalam infus yang berfungsi untuk menghidrasi tubuh;
3.  Kalsium (calsium), tidak diragukan lagi berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah osteoporosis dan mengatasi kulit yang pecah-pecah.
4.  Magnesium, untuk menjaga otot dan saraf berfungsi normal serta mencegah penyakit jantung lantaran melancarkan pedoman darah. Magnesium juga membantu mengatur kadar gula darah sehingga sanggup meningkatkan tekanan darah yang normal dan mendukung metabolisme energi dan protein sintetis.
5.  Silika, membantu keutuhan dan kelembaban kulit sehingga tanpa disadari sanggup menjaga keutuhan kulit.
6.  Zinc (zat besi), berperan sebagai ko-enzim yang membantu 300 enzim di dalam badan dan zat ini penting untuk menjaga daya tahan badan (imunitas) dan fungsi saraf otak. 
Di samping beberapa manfaat yang disebutkan di atas, tentu saja air putih mempunyai banyak manfaat yang lain tidak hanya dari keenam mineral tersebut. Oleh lantaran itu, dengan kandungan mineral yang baik bagi badan sudah seharusnya air putih dikonsumsi secara rutin dan cukup untuk menjaga badan dari aneka macam penyakit yang mungkin menyerang. 
Akan tetapi, dengan konsumsi air putih saja tidak cukup lantaran kalau ingin hidup sehat tentunya kita harus makan masakan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup serta aktifitas berolahraga secara teratur. Hidup sehat itu harus didasari dengan tekad yang besar lengan berkuasa dari diri kita sendiri dan membutuhkan perjuangan yang tidak praktis untuk mewujudkan semua itu.

Sumber Foto:2.bp.blogspot.com/Tips+Kesehatan.jpg
   

Sumber https://borneosembilandua.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Berguru Bahasa Inggris Mudah

Puisi-Puisi Ungkapan Isi Hati