Lakukan 8 Langkah Ini Untuk Mencegah Penyakit Jantung





Setiap harinya, tubuh insan memerlukan darah sebanyak 7.056 liter yang dipompa oleh jantung secara terus-menerus. Rata-rata dalam semenit, jantung insan memompa darah 70 kali per menit dan sebanyak 70 ml darah tiap kali denyut. Jantung mempunyai kiprah yang berat, tidak hanya memompa darah ke seluruh tubuh.
Secara rutin, jantung mengangkut sisa-sisa metabolisme dari tubuh dan seluruh jaringan tubuh menuju organ tubuh yang bertugas mengeluarkan sampah-sampah tersebut dari tubuh.

Selain sampah, tentunya darah juga mengandung zat-zat yang berguna, ibarat oksigen, protein, zat gula (glukosa), ion-ion mineral, sel-sel darah, serta hormon-hormon. Jika jantung tidak dirawat dengan baik, maka keseimbangan metabolisme dalam tubuh akan terganggu. Dan yang lebih parah lagi, zat- zat sisa yang seharusnya dikeluarkan tubuh tidak bisa dipompa oleh jantung. Pembuluh darah ke jantung akan tersumbat oleh lemak dan sisa-sisa metabolisme, inilah yang menjadi penyebab penyakit jantung.

Penyakit jantung yaitu penyebab maut tertinggi di dunia, sering terjadi pada orang yang lebih tua. Penyakit ini disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan komplikasi dari beberapa penyakit tertentu, ibarat tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi serta merokok. Pria jauh lebih sering terkena penyakit ini dibandingkan wanita.  

Begitu besar kiprah organ jantung pada tubuh insan sehingga harus dirawat dengan baik biar kinerjanya tidak terganggu. Sedikit saja persoalan terjadi pada jantung, akan berakibat fatal pada kesehatan orang. Agar kita sanggup terhindar dari penyakit jantung, lakukan beberapa langkah sederhana berikut ini.

Langkah-Langkah Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

1.    Berjalan Kaki
 
Gambar : kingofwallpapers.com
    Meskipun mudah, ternyata acara berjalan kaki sanggup mengurangi risiko penyakit jantung. Usahakan untuk berjalan kaki pada pagi hari selama 30 menit. Selama acara berjalan kaki, sirkulasi di dalam tubuh akan lancar serta akan membantu mengurangi berat badan. Jogging juga sanggup membantu asal dilakukan secara rutin di awal pagi. Jika sibuk dan tidak mempunyai waktu, Anda sanggup melakukannya setiap beberapa kali seminggu. Jadikanlah acara jalan kaki sebagai kebiasaan untuk meraih hidup yang lebih sehat.

2.    Banyak Beraktivitas
        
sciencedaily.com
 Perbanyaklah acara fisik sehari-hari biar sanggup meraih hidup yang sehat. Jangan duduk terlalu usang dan rajinlah untuk bergerak dari bangku Anda. Menurut penelitian, orang-orang yang menghabiskan lebih dari 2.000 kalori lewat acara selama satu minggu, sama dengan melaksanakan jogging sejauh lebih dari 32 km. Tentu hal ini sangat mempunyai kegunaan untuk Anda menurunkan berat tubuh yang terlanjur overweight. Hilangkan rasa malas Anda dengan menyibukkan diri dengan acara fisik sehari-hari.

3.    Berhenti Merokok
 
drantoniohowell.com
Seperti yang kita ketahui rokok tidak memberi manfaat sama sekali, malah memperburuk kualitas hidup seseorang. Rokok sanggup menjadikan penyakit jantung dan penyakit berat lainnya lantaran akan menyumbat arteri serta paru-paru. Zat nikotin yang ada pada rokok bila dikonsumsi terus-menerus akan menjadi racun yang mematikan bagi tubuh. Kebiasaan merokok harus benar-benar tidak boleh jangan hanya dikurangi saja. Untuk yang merasa ingin mencoba rokok, jangan pernah sekali pun memulainya lantaran kesehatan itu lebih penting dari apapun. Jika Anda sadar untuk berhenti merokok, bukan hanya diri sendiri saja yang bebas dari penyakit, tetapi kesehatan orang-orang di sekeliling Anda juga akan terjaga.

4.    Istirahat yang Cukup
 
www.buzzle.com
Memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi kesehatan. Orang-orang yang mengalami kurang tidur mempunyai resiko dua kali lipat terkena serangan jantung. Jangan terlalu sering tidur larut malam dan tidurlah lebih awal. Tidur malam yang cukup yaitu minimal delapan jam sehari. Hal ini sangat membantu seseorang mempertahankan berat tubuh ideal dan kesehatan tubuh.  

 5.    Hindari Makanan Cepat Saji
       
millionaire-manners.com
Meskipun rasanya lezat, tetapi masakan cepat saji tidak baik tubuh. Kandungan lemak di dalam masakan tersebut jikalau dikonsumsi terus-menerus, maka akan mengakibatkan obesitas. Aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh akan tersumbat lantaran penyakit tersebut. Sebisa mungkin, hindarilah masakan cepat saji, perbanyaklah konsumsi buah dan sayur setiap hari. Usahakan memasak masakan sehat sendiri di rumah, jangan bergantung dengan masakan cepat saji di luar.

6.    Lakukan Cek Kesehatan
 
pinterest.com
       
Aturlah jadwal secara terencana untuk menyelidiki tekanan darah dan tingkat kolesterol Anda. Jika mampu, Anda juga sanggup melaksanakan sendiri di rumah dengan alat sphymomanometer yang sanggup dibeli dengan harga terjangkau. Bila perlu, lakukan tes EKG dengan alat elektro-kardiograf guna mendeteksi kelainan jantung secara dini. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit.

 7.    Mandi Sebelum Waktu Subuh
        
tuliat.com
      Sangat dianjurkan untuk mandi menjelang subuh lantaran merupakan waktu mandi yang bermanfaat bagi kesehatan. Air hambar yang disiramkan ke tubuh pada waktu tersebut, sanggup membantu melancarkan fatwa darah serta oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini tentu saja sanggup mempermudah kerja jantung. Mandi sebelum subuh tidak hanya diperuntukkan bagi yang muslim, yang beragama lain juga sanggup melaksanakan kebiasaan sehat tersebut.
      
8.    Berolahraga Kardio
 
www.fitnessformen.co.id
     Latihan kardio sanggup menjadi pilihan acara Anda untuk memperkuat kerja jantung, paru-paru serta melancarkan fatwa darah di dalam tubuh lantaran sanggup aben kolesterol darah. Olahraga ringan ibarat latihan aerobik, berenang, bersepeda yaitu latihan yang cocok untuk memperkuat otot jantung. Tidak perlu memaksakan olahraga yang berat, gerakan yang sederhana pun sanggup dilakukan. Lakukan latihan ringan yang Anda sukai dan terapkanlah gaya hidup yang sehat.

Demikianlah 8 macam upaya yang sanggup Anda lakukan biar terhindar dari penyakit jantung. Semoga langkah-langkah tersebut sanggup Anda lakukan sendiri dan bermanfaat bagi Anda.


Sumber bacaan :
Susanto, dr. Dwi Budhi. 2013. 256 Resep Jus Buah & Sayuran Jus Dahsyat: Tumpas Penyakit Sehat & Awet Muda. Yogyakarta: Cemerlang Publishing.
tuliat.com 



Sumber https://borneosembilandua.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Tips Berguru Bahasa Inggris Mudah

Puisi-Puisi Ungkapan Isi Hati