10 Cara Gampang Mengobati Masuk Angin




 Masuk angin sering menjadi penyebab terganggunya kesehatan seseorang 10 Cara Praktis Mengobati Masuk Angin
Penyakit Masuk Angin – Masuk angin sering menjadi penyebab terganggunya kesehatan seseorang. Di cuaca yang tidak menentu menyerupai ini, yang kadang hujan dan kadang panas, hampir semua orang niscaya mengeluhkan persoalan ini. Memang sudah terbukti bahwa masuk angin yakni gangguan serius bagi kegiatan sehari-hari kita.

Umumnya, tanpa disadari, kita bisa terkena gangguan ini kapan saja. Ketika sedang berada di rumah ketika menonton TV saja, seseorang bisa terkena penyakit ini juga. Apalagi orang-orang yang sering melaksanakan aktivitasnya di luar rumah, mungkin
bisa lebih parah lagi keluhannya. Agar tidak mengalaminya sangat dianjurkan menggunakan jaket atau pelindung tubuh lain ketika berada di jalan raya dan di tempat umum lainnya.

Jika seseorang tidak mempunyai daya kekebalan tubuh yang tinggi, tentu akan semakin simpel terkena penyakit ini. Memang benar apa kata orang kalau sehat itu mahal harganya.

Penyebab Masuk Angin

Banyak sekali hal yang sanggup menjadikan seseorang terkena masuk angin. Bisa jadi akhir dari kurang tidur, keadaan cuaca yang dingin, tidak ada pertukaran udara dan lain sebagainya. Penyebab paling umum yakni ketika tubuh dalam kondisi yang tidak fit dan kelelahan, pertahanan tubuh melemah sehingga angin simpel masuk.

Saya pernah mengalami keluhan masuk angin lantaran tidak membuka jendela di pagi hari. Udara kotor yang masuk ke rumah tidak bertukar dengan udara higienis pada waktu subuh. Dan hasilnya, saya pribadi mual dan pusing disertai dengan tekanan darah yang menurun.

Angin yang masuk ke dalam tubuh sering ditunjukkan lewat beberapa tanda-tanda tertentu. Gejala yang sering muncul yaitu, pusing yang teramat sangat atau migrain, mual-mual, tubuh lemas dan kembung di perut. Hampir menyerupai dengan orang yang terkena penyakit demam panas, bukan?     

Tapi, tentu saja tidak seberat ketika seseorang mengalami demam. Tanpa berbasa-basi lagi, saya ingin memperlihatkan apa saja 10 macam cara mengatasi masuk angin itu. Simak di bawah ini.

10 Macam Cara Praktis Mengobati Masuk Angin

1.    Minum Air Putih Hangat

       Cara yang pertama sangat murah dan gampang, tidak perlu keluar uang sepeser pun, he..he.. Bila tubuh terkena masuk angin, tinggal panaskan air saja di dalam ceret. Minum segelas air putih hangat-hangat kuku jikalau Anda merasa mual supaya tidak jadi muntah.

       Lebih baik lagi kalau minum lebih dari satu gelas air putih hingga tubuh banyak berkeringat. Dari keringat inilah, angin-angin tersebut keluar dan tubuh Anda akan merasa segar. Sangat mudah, ya?

       Dengan sifat netral yang dimilikinya, air putih memang berguna untuk mengembalikan keseimbangan di tubuh kita. Semua makhluk hidup sangat bergantung dengan adanya air sebagai kebutuhan paling dasar, tidak hanya manusia.

2.    Minyak Angin

       Hampir di semua tempat, dari toko biasa hingga supermarket besar, tersedia aneka macam varian minyak oles untuk masuk angin. Selalu sediakan minimal satu botol minyak angin untuk di rumah. Terserah mau botol kecil atau besar, yang penting ada untuk situasi darurat.

       Oleskan minyak angin tersebut di tempat-tempat yang bekerjasama dengan kepala menyerupai di pelipis, kening, area sekitar leher dan di perut. Secara umum, penyakit masuk angin memang selalu mengarah ke kawasan kepala.

       Apabila tanda-tanda awal mulai terasa, sesegera mungkin carilah minyak atau balsem hangat untuk dioleskan ke area yang sudah disebutkan di atas tadi. Mintalah sumbangan orang terdekat bila tidak bisa melakukannya sendiri.

3.    Dengan Air Gula
      
       Bila Anda sudah terlanjur muntah-muntah, cara mengobatinya yakni dengan minum air hangat dicampur gula. Mintalah sumbangan orang terdekat untuk mengembangkan segelas.

       Air gula diperlukan untuk mengembalikan cairan tubuh yang keluar tadi. Bila Anda merasa ingin muntah lagi, tidak apa-apa, lantaran itu yakni imbas dari air gula yang memecah gas di lambung.

       Minum adonan air hangat dan gula, juga sangat dianjurkan bagi mereka yang mengalami demam panas. Mengapa? Karena untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan dan supaya tidak lemas.

4.    Kerokan Dengan Bawang Merah

       Ketika masuk angin, saya tidak pernah minta dikerok di punggung dengan koin. Karena ketika dikerok, pori-pori akan terbuka lebar dan akan menciptakan tubuh rentan. Hal yang saya lakukan yakni minta sumbangan orang terdekat untuk dikerok dengan bawang merah.

       Cara ini berdasarkan saya lebih kondusif ketimbang dengan koin rupiah. Yang penting bukan warna merahnya, tetapi seberapa banyak angin dikeluarkan. Rasa tajam bawang merah akan memberi perasaan hangat di tubuh  dan menciptakan Anda lebih cepat sembuh.

       Jika Anda lebih familiar kerokan dengan koin rupiah, saya tidak memaksa untuk mengikuti cara saya di atas. Namun, saya hanya menganjurkan apa yang lebih baik berdasarkan pengalaman saya.

5.    Daun Mengkudu

       Cara yang satu ini bebuyutan dilakukan di keluarga saya, terutama untuk balita yang sangat rentan masuk angin. Disaat saya sering demam yang diikuti masuk angin, inilah obat yang sering digunakan.

       Caranya bagaimana? Pertama, ambil tiga lembar daun mengkudu, olesi minyak goreng dan panaskan daun di atas api. Setelah itu, haluskan bawang merah atau boleh juga diparut. Langkah terakhir, segera tempelkan parutan bawang merah di perut dan tutupi dengan daun mengkudu tadi.

       Biasanya, tanpa menunggu usang si penderita akan merasa nyaman lantaran memperlihatkan imbas relaksasi secara menyeluruh. Agar lebih simpel mendapat daun mengkudu, tanamlah sendiri mengkudu di rumah. Jadikan rumah sebagai apotek hidup Anda.

6.    Rebusan Air Jahe

       Cara yang ke-enam ini tentu sudah hampir seluruh orang Indonesia tahu. Malahan sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging, meskipun tidak sedang masuk angin. Ramuan tradisional satu ini sudah terbukti keampuhan untuk menghangatkan tubuh.

       Potong-potong saja jahe yang ada di rumah dan rebus di dalam air hingga mendidih. Boleh juga ditambahkan gula merah untuk memperlihatkan rasa manis di lidah.

       Jahe mempunyai khasiat menghangatkan lambung sehingga membantu mengeluarkan angin lewat cairan keringat. Tidak hanya kita saja yang terbiasa dengan jahe, ketika demam isu cuek bule-bule di luar negeri juga menggunakan jahe. Itulah hebatnya khasiat dari rempah yang satu ini.

7.    Jamu Masuk Angin Kemasan

       Untuk yang satu ini, tidak perlu lagi saya sebutkan mereknya, lantaran sudah bertebaran di mana-mana. Dari yang murah hingga yang sedikit mahal, segala jenis ada.

       Minum minimal satu bungkus disaat sakit, hingga efeknya jamunya terasa di tubuh. Komposisi dari jamu tersebut hampir sama dengan jamu yang dibentuk secara tradisional. Tapi, jangan terlalu sering juga dikonsumsi lantaran kandungan gula yang dimiliki sangat tinggi.

       Cara ini sanggup dijadikan pilihan disaat yang darurat dan bila Anda sudah tidak tahan lagi.    

8.    Madu

       Air setengah panas bila dicampurkan dengan satu sendok madu, kemudian diminum, sanggup menenangkan lambung dari asam dan gas yang berlebih. Madu mempunyai kandungan gula alami yang tinggi dan cocok untuk obat dehidrasi.

       Minum satu gelas air madu untuk meredakan lambung dari rasa mual dan muntah. Usahakan untuk tidur walaupun sebentar untuk mempercepat imbas dari madu tersebut.

       Selain untuk masuk angin, madu juga mempunyai segudang manfaat lain termasuk meningkatkan pasokan energi di dalam tubuh. Tak heran bila lebah sanggup menempuh perjalanan berkilo-kilo meter lantaran setiap hari mereka menghisap madu.  

9.    Lewat Pijatan Ringan

       Ketika masuk angin, saya pernah diajari bagaimana cara mengobatinya lewat pijatan oleh spesialis refleksi. Biasanya, saya memijat titik refleksi yang ada di jari-jemari sempurna di buku-buku jari dan di atas sikut jari. Pijatlah pada bagian-bagian tersebut hingga mengeluarkan angin lewat sendawa.

       Ada juga titik refleksi yang sama, yaitu di antara jempol dan jari telunjuk, baik di telapak tangan ataupun sebaliknya. Jika dirasa belum cukup, mintalah sumbangan kepada hebat pijat refleksi, lantaran mereka lebih tahu daripada saya, he.. he

10.  Makan yang Banyak

       Cara yang terakhir ini justru lebih ampuh dari ke-sembilan teladan yang sudah saya sebutkan, yaitu makan. Banyak dari kita mengabaikan ini ketika menderita masuk angin. Mereka lebih menentukan tidur sambil menahan rasa sakit yang dialami.

       Sebaiknya, paksa diri Anda untuk berdiri meskipun terasa pusing dan mual. Makan makanan yang lembut serta minum yang banyak. Lebih manis lagi jikalau Anda merasa akan muntah, lantaran makanan yang keluar tersebut membawa serta angin dari lambung.

       Saya sudah mencoba dan melihat jadinya sendiri, sesudah memuntahkan lagi makanan yang sudah dimakan tadi, sesaat kemudian lambung saya normal kembali menyerupai sedia kala. Itulah sebabnya makan itu menjadi sebuah kebutuhan dasar manusia.

Dari 10 macam cara mengobati masuk angin di atas, semuanya bisa Anda coba sendiri di rumah tanpa harus keluar biaya mahal. Karena masuk angin bukan penyakit berat sehingga mengobatinya pun tidak sulit.

Kesehatan diri sendiri juga harus diutamakan dan dirawat sebaik-baiknya supaya tidak terganggu keseimbangannya. Semoga artikel ini memperlihatkan manfaat bagi Anda yang membacanya. Terima kasih.






Sumber https://borneosembilandua.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Karakteristik Sastra Usang Dan Jenisnya

Daftar Istilah Masak-Memasak Bahasa Inggris