11 Macam Cara Semoga Mata Tetap Sehat


Mata terletak pada posisi yang paling vital alasannya yakni seluruh acara insan sering melibatkan organ yang satu ini. Sama menyerupai ke-empat indera yang lainnya, apabila satu saja indera tidak berfungsi niscaya kehidupan akan terganggu. Saking pentingnya, mata selalu menjadi indikator bagi kondisi kesehatan dan jiwa seseorang.  
 

Terdapat banyak gejala lewat mata yang sanggup menjadi indikator penyakit seseorang. Misalnya, jikalau mata berwarna agak kekuningan berarti ada duduk kasus pada organ hati atau mengalami kekurangan cairan (dehidrasi). Mata merah juga sanggup mengatakan bahwa seseorang terkena penyakit berat lain, menyerupai alergi berat (obat, makanan), kencing manis sampai tumor. Tapi, anda tidak perlu takut alasannya yakni penyakit-penyakit tersebut masih bisa dicegah.

Bila kesehatan mata tidak kita jaga dengan baik akan menjadikan penyakit pada mata. Penyakit mata yang muncul antara lain :
- Miopi (rabun jauh)
- Hipermetropi (rabun dekat)
- Presbiopi (gabungan rabun jauh dan rabun dekat)
- Buta Warna (hanya sanggup melihat hitam putih dan abu-abu saja)
- Rabun senja (tidak sanggup meilhat pada waktu senja)
- Astigmatisme (cahaya tidak fokus pada satu titik retina atau kabur)

Adapun katarak sering menjadi penyebab terjadinya kebutaan di dunia. Katarak yakni keadaan di mana lensa mata menjadi keruh alasannya yakni menebal. Penebalan tersebut terjadi akhir cedera fisik atau paparan radiasi secara berlebihan. Jika tidak diangkat, perlahan-lahan katarak sanggup mengakibatkan kebutaan total.
    
Untuk mengurangi kekhawatiran Anda saya mempunyai sebelas cara simpel biar tetap terhindar dari penyakit di atas. Simaklah di bawah ini.

1.    Konsumsi Buah dan Sayuran
  
allaboutvision.com
    Mengonsumsi buah-buahan bervitamin A sudah terbukti khasiatnya. Bila dimakan pribadi atau dibentuk jus, nutrisi dan vitamin A dari buah akan tersalurkan menuju ke mata. Bagian mata yang mendapatkan pribadi vitamin tersebut yaitu makula (bintik kuning) di retina mata, berfungsi sebagai pelindung dari sinar ultraviolet.

      Selain vitamin A ada zat kimia alami lain menyerupai lutein dan zeaxanthin, berfungsi menyerupai tabir surya bagi mata. Kedua zat tersebut bisa didapatkan pada materi masakan alami menyerupai  paprika, jagung, wortel dan segala jenis sayuran hijau. Perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin setiap hari.

2.    Jangan Melihat Matahari Secara Langsung

     Sinar ultraviolet dari matahari sangat berbahaya khususnya bagi mata. Jika terpapar terus menerus bisa mengakibatkan rusaknya lensa dan syaraf mata. Bahaya lain yang timbul yakni degenerasi makular (mata tidak sanggup menangkal radiasi).

      Sebisa mungkin hindari mata Anda dari paparan sinar UV ketika di luar rumah, terutama di siang hari yang terik. Bila tidak ada alasan untuk melihat ke langit siang, jangan dilakukan jikalau tidak ingin mata Anda cepat rusak.  

3.    Jangan Menonton Terlalu Dekat

       Sudah dari semenjak kita kecil, orang renta selalu mengingatkan untuk jangan menonton TV dekat-dekat. Cahaya yang keluar dari TV atau komputer mempunyai tingkat radiasi tertentu yang berbahaya.        .

     Hal ini terbukti dari banyaknya belum dewasa yang sudah mengalami gangguan penglihatan semenjak usia dini. Usahakan untuk selalu mengawasi jikalau ada anak kecil di rumah kita, biar tidak terlalu akrab ke layar disaat bermain game ataupun hanya sekedar menonton saja.

4.    Beraktivitas Di Bawah Matahari Pagi

     Meskipun belum sanggup dipastikan 100 persen, hal yang satu ini boleh dipraktikkan. Namun, ada suatu penelitian yang menunjukan bahwa belum dewasa yang sering melaksanakan kegiatan di bawah sinar matahari, ketika cukup umur resiko terkena sakit pada mata akan berkurang.

    Saya juga pernah menunjukan sendiri, disaat mata lelah dan terasa kabur, saya memejamkan mata beberapa menit di sinar matahari pagi. Tidak usang kemudian mata terasa segar kembali dan penglihatan pun menjadi jelas.

      Sebaiknya jangan dilakukan pada tengah hari alasannya yakni akan memperburuk penglihatan. Matahari pagi itu memang baik bagi kesehatan apalagi sambil berolahraga, maka akan semakin banyak manfaat yang diperoleh.

5.    Beri Waktu Istirahat Untuk Mata

       Jika Anda bekerja selama berjam-jam menghadap layar komputer, biasanya mata Anda hanya fokus satu arah saja tanpa berkedip dalam waktu lama. Bila mata lelah tentunya pekerjaan penting Anda akan tertunda.

      Usahakan untuk mengedipkan mata sesekali untuk mencegah lelah. Ada satu cara yang sanggup dilakukan, yaitu setiap 20 menit, berpalinglah ke arah lain dalam jarak 20 kaki, dengan durasi 20 detik.

Warna hijau juga disebut sanggup mengurangi mata lelah alasannya yakni sifatnya yang netral. Intinya jangan biarkan mata kelelahan, guna mencegah gangguan pada penglihatan kita. 

6.    Gunakan Kacamata Gelap Anti UV

    Saat ini, kacamata hitam atau gelap sangat diminati alasannya yakni menciptakan penampilan seseorang terlihat lebih modis, mewah dan keren. Sebenarnya, ada fungsi lain dari kacamata hitam, yaitu melindungi mata dari radiasi.

      Kenakan kacamata hitam yang dilapisi polikarbonat yang kini sudah mulai bertebaran dimana-mana. Lapisan ini 10 kali lebih berpengaruh dari plastik dan bisa melindungi mata 100% dari silau. Namun, jangan membeli kacamata di sembarang tempat, biar lebih yakin belilah di toko yang resmi. Hal yang satu ini harus ditanggapi serius untuk mencegah katarak.

7.    Jangan Membaca di Cahaya Minim

       Jika Anda punya kebiasaan membaca buku dengan cahaya seadanya ataupun melihat gadget dalam gelap, sebaiknya hentikan jelek ini. Dalam keadaan setengah gelap, pupil akan membesar dan syaraf-syaraf mata bekerja lebih keras dari biasanya.

     Hal yang mungkin terjadi mata akan terasa sangat tegang dan sakit ketika lampu dinyalakan. Jangan memaksakan diri beraktivitas menyerupai di ketika siang hari jikalau lampu mati atau menjelang tidur dengan cahaya minim.

8.    Jangan Mengucek Mata

       Keluhan mata yang gatal yakni sesuatu yang alami, baik alasannya yakni debu maupun udara di sekitar. Memang terasa risih jikalau tidak dikucek, rasa gatal mungkin hilang tapi sangat berbahaya.

     Jika sering mengucek mata, lapisan kornea mata akan tergores oleh ukiran terus-menerus pada kelopak mata. Apalagi mengucek dengan tangan yang kotor, malah makin banyak kuman yang masuk ke mata.

     Gunakan obat tetes, jikalau terasa gatal di mata alasannya yakni di dalamnya sudah ada formula untuk membunuh kuman atau kotoran yang menciptakan mata terasa gatal. Tapi, jangan dipakai secara berlebihan.

9.    Jauhi Merokok

      Merokok yakni salah satu yang paling berbahaya dan harus dijauhi alasannya yakni merusak kesehatan. Mata menjadi organ yang rentan terkena dampaknya, jangan dianggap remeh.

      Penelitian menunjukan bahwa asap rokok meningkatkan resiko tiga kali lipat terkena penyakit katarak dan syaraf mata rusak. Makula mata akan terkena dampak paling besar. Jauhilah kebiasaan merokok dan jikalau sudah kecanduan, berhentilah mulai dari sekarang, alasannya yakni semakin banyak rokok semakin besar resikonya.

10.  Tidur yang Cukup

      Baik atau tidaknya keadaan penglihatan seseorang, sangat bergantung dengan kualitas tidurnya pada malam hari. Waktu tidur yang diharapkan per malam minimal selama 6,5 jam, dihentikan kurang.

     Bila badan kurang tidur, akan menciptakan mata menjadi cepat lelah dan terasa kabur (buram). Pembuluh darah di mata akan menegang kemudian mata akan menjadi kering.

      Jangan terlalu sering memulai tidur ketika sudah tengah malam, jikalau hal ini dilakukan terus-terusan akan sangat berisiko pada kesehatan mata Anda sendiri. 

11.  Periksakan Mata Secara Teratur
 
fitnistics.com
      Mata yang anggun itu belum tentu kondusif dari banyak sekali penyakit yang sanggup mengganggu penglihatan. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak merasa penting akan hal yang satu ini.

      Aturlah agenda untuk memeriksakan diri ke dokter mata, bisa beberapa bulan sekali atau setahun berapa kali. Rutin periksa ke dokter sanggup mencegah kita dari terkena penyakit mata.

      Gejala terjadinya penyakit tersebut sering tidak terlihat bahkan tanpa peringatan sama sekali. Mencegah penyakit itu memang jauh lebih baik daripada mengobatinya.

Sekian 11 macam cara dalam merawat kesehatan mata dari saya kali ini. Semoga sanggup membantu Anda mencegah penyakit yang sanggup mengganggu fungsi penglihatan. Kesehatan itu sangat mahal harganya, jadi harus dirawat dengan baik.

Sumber Bacaan :

Sumber https://borneosembilandua.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Karakteristik Sastra Usang Dan Jenisnya

Daftar Istilah Masak-Memasak Bahasa Inggris