5 Alasan Kenapa Harus Makan Buah Kiwi






Buah kiwi sangat digemari oleh hampir semua kalangan, sering dipakai sebagai materi suplemen salad buah, minuman sehat atau dimakan langsung. Meskipun di Indonesia negara tropis, banyak yang menyukai rasa asam elok dari buah impor ini.


Kiwi yakni homogen beri yang termasuk golongan Actinidia (tumbuhan merambat) dan berasal dari Shaanxi, Tiongkok. Dibawa ke New Zealand pada awal tahun 1900-an dari Cina, menjadi tumbuhan komersil pertama saat itu. Masa Perang Dunia II, buah ini sangat digemari oleh prajurit Amerika yang bertugas di New Zealand saat itu, kemudian diekspor ke California dan diberi nama “Gosberi Cina” dan “melonette”.

Nama buah kiwi muncul pada tahun 1962 oleh petani New Zealand yang menyebutnya “kiwifruit”. Setelah itu nama “Gosberi Cina” sudah tidak dipakai lagi oleh negara tujuan ekspor. Di awal 1970-an negara Italia mengimpor dan membudidayakan buah ini.    

Zat actinidia di dalam buah kiwi mempunyai imbas yang mengakibatkan alergi bagi sebagian orang, contohnya anak-anak. Secara umum imbas yang sering dirasakan yakni gatal-gatal dan rasa tidak yummy di mulut, disertai dengan mendesis menyerupai sariawan, anafilaksis (alergi berat) sanggup terjadi. Sangat tidak dianjurkan makan buah kiwi untuk penderita alergi dan bila mengalami alergi akhir kiwi periksalah ke dokter biar tidak menjadi lebih parah lagi.

Walaupun buah kiwi sanggup mengakibatkan alergi untuk sebagian orang, di samping itu manfaat yang dimiliki juga sangat besar dan banyak sekali, terutama sebagai pelindung badan dari paparan radikal bebas serta anti kanker.

Berikut ini 5 alasan kenapa Anda harus makan buah kiwi serta apa saja zat-zat berkhasiat yang dikandungnya. Mari kita simak!

1.  Sangat Baik Untuk Jantung

     Kiwi memang sangat baik untuk kesehatan organ jantung alasannya yakni tingginya kandungan vitamin K di dalamnya. Fungsi dari vitamin K sendiri membantu metabolisme yang terkait dengan resistensi (ketahanan) senyawa insulin. Salah satu manfaat lainnya yaitu menurunkan resiko terjadinya penggumpalan darah.

    Sebenarnya vitamin K diproduksi secara alami oleh badan melalui basil di dalam jalan masuk pencernaan. Tapi, akan lebih baik kalau ditambah lagi dengan makanan sumber vitamin K selain kiwi menyerupai brokoli, bayam, daun katuk, kol, selada dan sayuran hijau lainnya.

2.  Mempertahankan Imunitas Tubuh
    
   
    Bagi sistem imunitas tubuh, buah kiwi menjadi semacam perisai yang melindungi sel-sel tersebut. Kandungan buah kiwi tidak hanya vitamin C saja, namun ada indikasi ditemukannya zat fitokimia di dalam kiwi benar-benar bisa melindungi sel imunitas dari gangguan luar, khususnya DNA, dari aneka macam serangan yang tiba dari radikal bebas.

    Studi ilmiah menunjukan bahwa seseorang yang memakan buah kiwi dan buah-buahan bervitamin C lain, mempunyai tingkat kekebalan badan lebih berpengaruh tapi tidak secara khusus meningkatkan jumlah nutrisi dalam badan mereka.

3.  Mencegah Kanker Usus
    
igennus.com

     Buah eksotis yang satu ini telah diakui sebagai materi makanan yang mengandung serat. Hanya dengan 75 gram kiwi, sudah mencukupi kebutuhan badan sekitar 8 persen asupan harian dalam diet yang mengandung serat.

     Dengan meningkatnya serat, tidak hanya tingkat kolesterol saja yang bisa turun, tapi juga terjadinya kanker kolon (usus) sanggup menurun. Usus kita memang sudah seharusnya menjadi perhatian serius kalau ingin hidup tanpa mengidap gangguan usus yang parah.

4.  Membuat Mata Lebih Sehat

     Sekarang ini banyak orang yang mengidap ARMD, atau penyakit yang berafiliasi dengan degeneratif makula pada retina, terutama bagi mereka yang sudah berusia cukup bau tanah ataupun paruh baya.

     Dari hasil riset yang dikeluarkan Archives of Opthalmology, menawarkan seseorang yang makan buah kiwi tiga kali sehari secara teratur akan menghilangkan tanda-tanda penyakit ARMD.

     Ketika buah-buahan menyerupai kiwi dikonsumsi, badan akan mendapatkan banyak asupan nutrisi menyerupai vitamin A, C dan E, terutama karotenoid yang sangat berkhasiat menjaga kesehatan mata kita.

5.  Mengatasi Gangguan Pernapasan
    
georgeinstitute.org.au

    Vitamin C yang terkandung di dalam buah kiwi sudah terbukti khasiatnya bagi banyak orang. Karena vitamin C sanggup menjaga organ pernapasan biar sanggup bekerja secara optimal.

     Dalam sebuah studi yang di publikasi oleh majalah Thorax, yang menunjukkan bahwa bawah umur yang mengkonsumsi 5 sampai 7 kali jeruk sitrus dan kiwi selama satu ahad mengalami penurunan resiko sesak napas dibandingkan yang mengkonsumsi kiwi dalam jumlah sedikit.

    Jangan pernah ragu untuk konsumsi buah-buahan secara teratur menyerupai buah kiwi ini, alasannya yakni banyak keuntungannya untuk kesehatan badan kita. Tidak perlu khawatir bila ingin mengganti makan malam Anda dengan salad buah misalnya, guna menghindari resiko terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh.

    Sekian dari saya wacana alasan mengapa buah kiwi harus dikonsumsi oleh kita. Semoga sanggup menjadi rujukan kesehatan bagi Anda semuanya. Terima kasih.

Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Kiwifruit
servingjoy.com 
 

Sumber https://borneosembilandua.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Karakteristik Sastra Usang Dan Jenisnya

Daftar Istilah Masak-Memasak Bahasa Inggris