Cara Ampuh Untuk Mengatasi Penyakit Stres




 

Mengatasi Penyakit Stres sangat diharapkan semoga pikiran dan kewarasan kita sanggup terjaga dengan baik. Stres memang selalu menghampiri orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan yang sibuk. Mengapa saya sebut penyakit? Karena stres sanggup menggerogoti jiwa seseorang menyerupai wabah penyakit. Tentu hal yang menyerupai ini sedapat mungkin harus kita hindari.



Banyak sekali faktor yang mengakibatkan seseorang sanggup terganggu pikirannya oleh stres. Ada tiga faktor utama yang menjadi pemicu munculnya stres, antara lain :
1.    Faktor Pribadi
     Sifat-sifat dasar seseorang yang tidak bisa berpikir jernih menghadapi problem pribadi dan keluarganya yaitu pemicu nomor satu dari stres. Dari problem finansial, tidak akur dengan anggota keluarga serta kesulitan dalam mendisiplinkan anak sangat gampang membuat seseorang mengidap stres. Bahkan, sanggup dipastikan stres bukan tekanan yang tiba dari luar tapi dari dalam jiwa seseorang itu sendiri.

2.    Faktor Lingkungan
      Tinggal di lingkungan yang ribut atau tidak sehat tentu sangat tidak menyenangkan bagi seseorang alasannya tidak bisa menikmati hidup. Lingkungan yang abnormal dan tidak menentu juga sanggup memberi tekanan tersendiri untuk menjalani kehidupan secara layak. Jika dibiarkan, bukan hal yang tidak mungkin bagi seseorang mengalami gangguan kejiwaan.

3.    Faktor Organisasi
       Bagi seorang pekerja atau karyawan yang dituntut mempunyai disiplin tinggi, hampir tidak ada waktu untuk bersantai sejenak. Belum lagi tenggat waktu pengumpulan kiprah dari atasan yang sangat mepet sekali atau sobat sekantor yang menyebalkan. Dengan keadaan tempat kerja menyerupai ini, benar-benar sebuah tekanan besar bagi pikiran dan jiwa.    

Jika Anda pernah atau sedang mengalami stres dari ketiga faktor di atas, tidak perlu takut alasannya masih sanggup dicegah dan diobati. Sesuai dengan judul artikel kali ini, saya ingin memperlihatkan cara ampuh yang sanggup membantu Anda keluar dari situasi yang penuh tekanan tersebut. Silakan Anda simak yang di bawah ini !

1.  Rehat Sejenak dari Aktivitas Padat

    Di tengah agenda pekerjaan yang ketat, jangan lupa untuk mengatur waktu santai semoga otak tidak lelah. Sempatkan untuk keluar atau pulang sebentar ke rumah untuk melepas penat Anda. Apabila memang tidak sempat usahakan minimal satu ahad sekali bersantai dan beraktivitas bersama keluarga.

   Selain untuk menghilangkan stres, acara yang dilakukan bersama juga sanggup memperkuat hubungan di dalam keluarga itu sendiri. Jadi, jangan memaksa diri Anda untuk bekerja terlalu keras, apalagi hingga tidak peduli dengan keluarga sendiri.

2.  Bermain Game

     Kegiatan yang satu ini sering dianggap hanya membuang-buang waktu saja dan tidak ada manfaatnya. Inilah yang membuat orangtua tidak betah saat melihat anaknya berlama-lama bermain game. Namun, kalau dilihat lebih jauh, ternyata bermain game sanggup mengurangi beban sehabis bekerja dan menyegarkan pikiran yang sumpek.

    Ada banyak sekali game yang juga sanggup meningkatkan kecerdasan otak serta mencegah timbulnya stres. Untuk Anda yang memang sudah kecanduan bermain game, bukan berarti boleh bermain terus-terusan, lakukan juga acara lain yang berguna. Main game boleh-boleh saja asal jangan hiperbola hingga tidak ingat dengan kesehatan diri sendiri.

3.  Tingkatkan Optimisme

    Optimisme sangat dibutuhkan untuk menjalani kehidupan yang penuh dengan tantangan menyerupai ini. Sikap optimis di dalam jiwa seseorang harus ditingkatkan secara terus-menerus. Namun, bagaimana caranya?

    Bila menemui suatu problem yang berat, tetaplah berpikiran positif dan jangan cepat putus asa. Yakinkan diri sendiri bahwa sehabis kesulitan itu niscaya ada kemudahan. Tergantung kepada kita sendiri mau bersusah payah atau hanya pasrah dan mengalah begitu saja. Intinya optimisme itu berafiliasi dengan perilaku mental kita sendiri untuk selalu berpikiran positif, apapun yang terjadi.

4.  Rajin Berdoa

    Bagi orang yang beragama, terutama muslim tidak ada alasan baginya untuk menjadi stres. Banyak sekali tuntunan yang sudah diajarkan guna melawan tekanan negatif dari luar. Tinggal individu masing-masing saja yang mau atau tidak mau melakukannya.

    Untuk Anda yang berkeyakinan lain, sanggup juga beribadah atau berdoa dengan tata cara masing-masing. Intinya berdoa itu menyerupai kita berbicara eksklusif kepada Tuhan dan pastinya hati dan pikiran akan menjadi lebih tenang.  Mohon maaf kalau ada yang tersinggung, hanya sekedar mengingatkan saja.

5.  Menonton Acara Komedi
    
   Siapa yang tidak suka program komedi atau lawak, semua umur, baik renta maupun muda perlu yang namanya tertawa. Jangan ragu dan malu, tertawalah semoga stres Anda bisa hilang. Karena tertawa mempunyai manfaat mengaktifkan otak untuk memproduksi endorfin yaitu senyawa kimia yang menjadikan perasaan bahagia.

   Berkat endorfin inilah kekebalan badan seseorang dalam menghadapi penyakit akan meningkat, sehingga kesehatan diri Anda terjaga. Jadi, tertawa itu tidak hanya membuat senang tapi juga badan akan lebih sehat dari sebelumnya.  




6.  Liburan Bersama Keluarga

    Bagi Anda yang berperan sebagai kepala keluarga sekaligus ayah, jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan di kantor. Sesekali rencanakanlah liburan dengan anggota keluarga ke tempat manapun yang Anda rasa menyenangkan.

   Anak-anak juga ingin mencicipi berkumpul bersama kedua orang tuanya, sehingga hubungan orangtua – anak akan semakin rapat. Di dalam keluarga tidak hanya bahan saja yang perlu, tapi hubungan psikologis antar keluarga juga harus dibina. Karena bila kita merasa tertekan atau stres keluargalah satu-satunya yang sanggup diharapkan sebagai obat penenang paling ampuh.

7.  Banyak Bersyukur

   Sebagai insan yang fana kita tidak luput dari ujian hidup yang tiba bertubi-tubi. Untuk menghadapinya semoga tidak gampang terpuruk, jangan mengeluh, banyak-banyaklah bersyukur atas segala apa yang sudah Anda miliki kini ini. Karena Tuhan membuat segala sesuatu di dunia ini niscaya ada tujuannya masing-masing.

   Hal yang sering membuat kita stres yaitu alasannya ada rasa iri dan dengki akan keberhasilan orang lain. Pikiran yang menyerupai inilah yang sanggup menggerogoti hingga ke dalam jiwa. Buang jauh-jauh segala pikiran yang negatif dengan bersyukur dan bersyukur pada kehidupan sudah dianugerahkan Tuhan kepada kita.

Cara-cara yang ada di atas sangat gampang untuk dilakukan, tergantung dengan apa yang Anda yakini berhasil. Saya juga tidak memaksa bila ada cara di atas yang tidak bisa Anda lakukan. Ini hanya sekedar bacaan dan masukan saja.

Sampai di sini artikel saya mengenai stres, semoga sanggup menghibur dan menawarkan pengetahuan gres untuk Anda (dari banyak sekali sumber). Terima kasih.

Sumber https://borneosembilandua.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Karakteristik Sastra Usang Dan Jenisnya

Daftar Istilah Masak-Memasak Bahasa Inggris