Khasiat Berjemur Di Pagi Dan Sore Hari



      
Di jaman sekarang, sudah sangat jarang orang mendapat kesempatan untuk berjemur di pagi hari. Apalagi para pekerja yang dituntut harus datang lebih awal di pagi hari. Padahal aneka macam manfaat dari sinar matahari kalau rutin berjemur setiap hari.

Berjemur sebaiknya di pagi dan sore hari, alasannya ialah di kedua waktu itu matahari memperlihatkan keuntungannya bagi kita. Jangan berjemur di tengah hari yang terik alasannya ialah akan berdampak jelek pada tubuh.

Energi matahari sangat dibutuhkan di bumi, baik bagi flora maupun untuk kelangsungan hidup manusia. Sangat cocok bila dipakai sebagai penghasil daya listrik yang tak pernah habis.
Berkat matahari jugalah, tumbuhan-tumbuhan di bumi sanggup berfotosintesis untuk menghasilkan oksigen yang diharapkan manusia.

Agar lebih paham bagaimana kiprah sinar matahari bagi kesehatan tubuh manusia, berikut akan saya jelaskan sedikit mengenai manfaat dari sumber energi tersebut. Beberapa dari manfaat tersebut sebagian ialah pengalaman saya sendiri. Silahkan disimak.

1.    Meningkatkan Daya Tahan Tubuh atau Imunitas

     Sinar matahari yang hangat di pagi hari, ternyata sanggup membantu tubuh kita untuk meningkatkan kekebalan dari serangan penyakit. Mengapa bisa begitu? Karena cahaya matahari memberi bantuan terhadap peningkatan produksi vitamin D oleh tubuh.   

       Vitamin D tersebut menyerupai materi bakar bagi sel-sel di tubuh kita yang bertugas melawan penyakit. Setelah sel-sel itu diperkuat maka tubuh kita akan kebal dari serangan virus serta radikal bebas. Betapa hebatnya paparan sinar matahari bagi pertahanan tubuh insan dari penyakit.

2.    Menghasilkan Vitamin Penting Bagi Tubuh
      
Dari semenjak SD dulu, guru-guru saya sering mengajarkan bahwa sinar matahari itu sumber vitamin bagi tubuh. Maka dari itu setiap sebelum pelajaran dimulai, selalu dilakukan kegiatan senam pagi untuk siswa.

Lalu, vitamin mirip apa yang kita dapatkan? Sinar matahari sanggup membantu tubuh kita untuk merubah pro vitamin D menjadi vitamin D. Kegunaan dari vitamin D yaitu, meningkatkan absorpsi kalsium di tulang sampai menciptakan kulit lebih halus dan kencang.
 
3.    Mengurangi Gangguan Penglihatan
      
     Bagi bawah umur yang mengalami gangguan dalam penglihatan di usia dini, cahaya matahari sanggup mengurangi persoalan tersebut. Tidak hanya anak-anak, orang cukup umur juga sangat dianjurkan berjemur di bawah matahari.

    Berdasarkan penelitian oleh Universitas Bristol, bawah umur pada usia delapan dan sembilan tahun yang banyak melaksanakan kegiatan di bawah sinar matahari pagi, memperlihatkan bahwa sangat kecil kemungkinan terkena rabun jauh di usia remaja.  

     Meskipun belum ada kepastian akan hal itu, tapi sebagian orang sudah mencicipi manfaatnya. Perhatikan juga kapan sinar matahari kondusif bagi penglihatan semoga tidak terjadi hal jelek nantinya.

4.    Dapat Membakar Lemak

       Badan yang gemuk sanggup menghipnotis seseorang untuk beraktivitas sehari-hari yang mengandalkan fisik. Apalagi bagi mereka yang mengalami kelebihan berat badan. Cara mengatasinya ialah dengan memanfaatkan sinar matahari. Lakukan kegiatan olahraga yang ringan dan tidak berbahaya di bawah paparan sinar matahari.

       Dari kegiatan fisik tersebut, tentu akan menghasilkan keringat dari reaksi pembakaran lemak oleh matahari. Tidak ada jaminan secara niscaya apakah hal ini sanggup menghancurkan semua lemak di tubuh. Tapi kalau dilakukan secara teratur, sedikit demi sedikit, manfaat itu bisa dirasakan oleh Anda sendiri.

5.    Sebagai Penghilang Rasa Kantuk

      Jika disaat Anda berdiri pagi masih saja merasa ngantuk dan malas, baik itu alasannya ialah kurang tidur atau kualitas tidur Anda yang tidak cukup baik. Jadi, solusinya apa? Tenang, sinar matahari bisa mengurangi kadar hormon di otak yang memicu seseorang untuk merasa ngantuk. Hormon yang mempunyai nama melatonin tersebut diproduksi secara alami ketika tubuh seseorang sudah merasa lelah dan perlu istirahat.

      Saya sudah mencicipi keuntungannya sendiri di rumah, disaat kurang tidur dan mengantuk luar biasa, saya berjemur selama hampir 30 menit di pagi hari. Tidak usang setelahnya rasa kantuk saya hilang dan tubuh pun terasa segar kembali. Ibarat smartphone yang kehabisan baterai sehabis diisi ulang, mirip itulah tubuh kita yang terisi energi matahari. Ternyata ada benarnya juga Superman yang mengisi tenaganya dari sinar matahari, he..he..he.

6.    Membuat Tubuh Terasa Segar

     Ketika tubuh terasa lemas dan tidak segar, sinar matahari pagi sanggup menjadi solusi. Dengan melaksanakan kegiatan sambil berjemur di bawah matahari, tubuh akan memproduksi keringat.

     Dari keringat inilah, panas di dalam akan menguap sehingga memperlihatkan perasaan lebih segar di tubuh. Selain merasa segar, Anda juga akan merasa lebih bersemangat lagi untuk menjalankan kegiatan rutin. Saya sudah mencicipi sendiri keuntungannya di tubuh saya. Jangan takut dengan sinar matahari pagi, alasannya ialah radiasinya masih berada pada tingkat yang aman.

7.    Memperkuat Sistem Pernapasan

     Paparan sinar matahari di sore hari sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang mengalami gangguan pernapasan. Oleh alasannya ialah itu, dianjurkan untuk melaksanakan kegiatan fisik dan olahraga di bawah matahari pada waktu tersebut.

       Mengapa? Karena pernapasan seseorang akan menjadi lebih besar lengan berkuasa dan tahan usang sehabis terpapar sinar matahari sore. Maka tidak jarang kita lihat ada orang-orang yang bersepeda dan jogging di waktu sore. Matahari ketika itu tidak terlalu tinggi radiasinya sehingga bisa menciptakan tubuh lebih sehat berkat sistem pernapasan yang kuat.

Demikianlah beberapa manfaat kesehatan yang diperoleh dari sinar matahari pagi untuk tubuh kita. Setelah membaca ini, saya berharap Anda bisa menyempatkan diri berjemur di pagi hari sambil berolahraga ringan atau kegiatan fisik lainnya di rumah, mirip berkebun di halaman rumah, menyapu halaman dsb.

Ajaklah anggota keluarga Anda di rumah untuk beraktivitas di pagi hari, alasannya ialah terdapat manfaat yang luar biasa dari sinar matahari bagi kesehatan kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua yang membacanya. Aamiin

Sumber :
en.wikipedia.org
sehat-secara-alami.blogspot.co.id

Sumber https://borneosembilandua.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Karakteristik Sastra Usang Dan Jenisnya

Daftar Istilah Masak-Memasak Bahasa Inggris