Percakapan Bahasa Inggris Sehari-Hari



Untuk Anda yang suka travelling atau wara-wiri ke luar negeri, berkomunikasi dalam bahasa Inggris menjadi sebuah keharusan. Bahasa Inggris selain sebagai bahasa pengantar juga sebagai bahasa internasional untuk menyatukan aneka macam bangsa di dunia.
Jadi, bahasa Inggris itu penting supaya sanggup bergaul dengan banyak orang, jikalau tidak mau mencar ilmu niscaya rugi.

Kata-kata yang digunakan dalam percakapan bahasa Inggris, hampir menyerupai dengan percakapan sehari-hari dalam bahasa Indonesia. Tapi wajib diperhatikan mana kata-kata yang sopan dan mana kata-kata yang agresif dan tak pantas diucapkan. Praktis sekali untuk menghafal kalimat dalam bahasa Inggris, bahkan tidak perlu hingga berusaha mati-matian.

Dengan anggapan bahwa bahasa Inggris menakutkan, banyak siswa sekolah yang tidak suka pelajaran ini. Anak-anak yang beranggapan menyerupai itu, sangat praktis untuk diajari sebenarnya. Tidak hanya guru saja yang wajib mengajari, orang renta juga harus ikut membimbing anaknya di rumah  

Pada artikel kali ini saya ingin membantu Anda untuk mencar ilmu percakapan sehari-hari dalam bahasa inggris lewat contoh-contoh yang praktis untuk dihafal di bawah ini. Mari kita simak!

Menyapa guru di kelas
Student     : Good morning, teacher. (Selamat pagi, pak/bu guru).
Teacher    : Good morning, students. How are you?
                     (Selamat pagi, anak-anak. Apa kabar?)
Student     : I’m fine, thank you. And you?
                     (Baik-baik saja, terima kasih. Dan pak/bu guru?)
Teacher    : Yes, I’m fine too. Thank you
                     (Ya, bapak/ibu juga sehat. Terima kasih)

Menyapa orang yang gres dikenal
What is your name ? = Siapa namamu ?
Where are you come from ? = Darimana kau berasal ?
Where do you lived ? = Dimana kau tinggal ?
How do you do?
Contoh :
A : “Hello, I’m Charlie. How do you do ?”
B : “I’m Jane. Nice to meet you.”
A : “Nice to meet you, too.”

Mengekspresikan perasaan
How the other half lives !
(Ucapan seseorang dikala melihat hidup orang lain lebih kaya dari dia)
What an idea ! (Berpendapat bahwa suatu hal itu bodoh)
How dare you/he/she ?
(Marah alasannya yaitu perbuatan orang lain yang tidak sopan)
What the hell ! = Peduli amat
What a beautiful place ! = Tempat yang indah sekali
Oh dear ! (Ucapan dikala merasa sedih)
Do you mind ? (Kesal alasannya yaitu merasa terganggu oleh orang lain)

Mengucapkan salam
Good morning = selamat pagi
Good afternoon = selamat siang
Good evening = selamat petang (bisa juga digunakan untuk sapaan di awal malam)
Good night = selamat malam (menjelang tidur).
Have a nice day ! = semoga harimu menyenangkan

Memberi selamat
Good luck = semoga beruntung
Congratulation! = selamat ya
Happy birthday = selamat ulang tahun

Ungkapan suka / tidak suka
I like it = saya suka itu
I like you = saya suka kamu     
I don’t like it = saya tidak suka itu
I don’t like you = saya tidak suka kamu
I love it = saya sangat suka itu
I love you = saya cinta kamu
I don’t love you = saya tidak cinta kamu
I love you too = saya cinta kau juga

Meminta maaf dan meminta izin
I’m sorry = maaf
Please, forgive me = Tolong, maafkan saya
No problem = Tidak masalah
Excuse me = permisi
Pardon me = maaf (meminta orang lain untuk mengulang yang gres saja ia katakan)
Contoh :
A : “Hey, I want to ask you.”
B : “Pardon me.”
A : “I want to ask you something.”
B : “Oh, okay.”

Kalimat tanya
What ? = Apa ?
What is it / What is that ? = Apa ini / itu ?
This is / that is ... = Ini / itu ... (nama benda)
What are you talking about ? = Apa yang kau bicarakan ?
Who ? = Siapa ?
Who are you ? = Kamu siapa ?
When ? = Kapan ?
Where ? = Dimana?
Where are you going ? = Kamu pergi kemana ?
Why ? = Mengapa ?
Why not ? = Kenapa tidak ?
Why you do that ? = Kenapa kau melakukannya ?  
How ? = Bagaimana ?
Do / Did you know ? = kau tahu ?
I know = saya tahu
I don’t know = saya tidak tahu
How come ? = Bagaimana sanggup terjadi ?

Memperkenalkan diri sendiri
My name is ..... = Nama saya .... (sebutkan nama)
Nice to meet you = bahagia berkenalan
I’m atau I am ... = saya .... (sebutkan umur)
I come from ... = Saya berasal dari ... (daerah asal)
I was born in ... = saya lahir di ... (tempat lahir)
I lived in ... = Saya tinggal di ... (alamat rumah)

Menanyakan jumlah
How much ? = Berapa harganya ?
How many ? = Berapa banyak ? (Untuk benda yang sanggup dihitung)
How much a tablespoon of sugar ? = Berapa banyak satu sendok makan gula pasir?
(Untuk benda yang tak sanggup dihitung)
Contoh :
A : “Excuse me, sir. How much this one?”
B : “50.000  rupiahs.”

Berterima kasih
Thank you = terima kasih
Thank you very much / Thank you so much = terima kasih banyak
You’re welcome = sama-sama
Not at all = sama-sama
What are friends for ? (Membalas ucapan terima kasih dari sahabat alasannya yaitu sudah menciptakan mereka senang).
Contoh :
A : “Here, let me help you with your luggage.”
B : “Oh, bless you, dear.”

Meminta dan memberi bantuan
Can you help me ? = sanggup bantu saya ?
Can I help you ? = sanggup saya bantu ?
Please = tolong / silahkan (ditambahkan pada kalimat untuk meminta secara sopan). Seperti, Help me, please = tolong saya !
Would you help him/her ? = Akankah kau membantu ia ?
Contoh :
A : “Can you help me, please?”
B : “What’s that?”
A : “I’ve lost my wallet.”
B : “No problem.”

Waktu
What time is it ? = Jam berapa kini ?
It’s ... o’clock/quarter/half/past = Jam ... tepat/seperempat/setengah/lewat  
It’s ... am / pm (AM/after midnight = antara jam 12 malam -  jam 12 siang, PM/past midnight = antara jam 12 siang – 12 malam).
Misalnya, “it’s 7.30 (seven thirty) am / pm”.

Menanyakan kabar
How are you doing ? / How are you ? = apa kabar ?
I’m fine, thanks = saya baik saja
What are you doing ? = Kamu lagi apa ?
What’s wrong with you ? = Ada persoalan apa ?
What’s up ? = ada apa ?
What’s going on ? = Apa yang sedang terjadi ?
What happen ? = Apa yang terjadi ?
What are you doing ? = Apa yang kau kerjakan ?
Are you okay ? = Apa kau baik saja ?

Meminjam sesuatu
May I borrow your ... ? = Bolehkah saya meminjam (nama benda) mu?
Can you lend me some money ? = Bisakah kau meminjamkan sedikit uang ?
Contoh :
A : “May I borrow your pen?”
B : “Of course. Take this one.”
A : “Thank you.”
B : “Not at all.”

Bersimpati
Why you look so sad ? = Kenapa kau duka ?
What’s wrong with you ? = Apa yang salah denganmu ?
Poor you ! = Kasihan sekali
Don’t be sad = Jangan bersedih
Don’t give up ! = Jangan mengalah !
Contoh :
A : “You look so bad. What’s wrong with you?”
B : “I feel a headache. I’m sick.”
A : “Okay. Let me take to the school clinic.”
A : “Thanks.”

Mengajak orang lain
Oh, come on ! = Oh, ayolah !
Let’s go ! = Ayo !
Hurry up / Quickly ! = Cepat sedikit !
Follow me ! = Ikut saya !
Come here ! = Kemarilah !
Contoh :
A : “Hurry up! You would be late.”
B : “Yes, mom. Wait a second.”

Demikian pelajaran kita mengenai percakapan bahasa Inggris yang praktis untuk dipelajari. Semoga sanggup membantu Anda yang bahagia mempelajarinya. Jangan cepat berputus asa dalam mencar ilmu bahasa alasannya yaitu bahasa itu asyik.

Terima kasih.

Sumber https://borneosembilandua.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Karakteristik Sastra Usang Dan Jenisnya

Daftar Istilah Masak-Memasak Bahasa Inggris